K-On Ritsu Tainaka

Selasa, 14 Februari 2012

Makna Cokelat Valentine Di Jepang





Valentine Day di Jepang sungguh unik, karena dirayakan sebanyak dua kali. Tepatnya pada 14 Februari atau tepat di Valentine's day dan 14 Maret yang disebut White day.


Pada Valentine day, para gadis umumnya memberikan hadiah cokelat untuk lelaki yang disukainya. Sedangkan pada tanggal 14 Maret, giliran pria yang tadinya mendapat cokelat akan memberikan hadiah serupa kepada sang gadis. Hadiah dari lelaki ini bisa cokelat, namun bisa juga hadiah yang lebih mahal yang umumnya dikemas dalam kotak putih, sehingga disebut 'White day'.

Pemberian cokelat dari perempuan dalam tradisi Valentine di Jepang memang cukup unik, karena ini bisa menjadi kesempatan bagi si perempuan untuk mengekspresikan perasaan mereka.

Hadiah cokelat saat Valentine ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu: giri choco (cokelat wajib), honmei choco (cokelat untuk pria-wanita dengan hubungan serius) dan tomo choco (cokelat untuk teman dan keluarga perempuan tersebut)

Dari jenis cokelat ini, bakal bisa ditebak apakah si perempuan punya perasaan khusus atau tidak kepada lelaki yang diberi cokelat. Kalau perempuan memberikan Giri choco berarti itu untuk atasan atau teman kerja, artinya dia hanya menganggap teman biasa.

Tapi jika seorang lelaki diberi coklat honmei, artinya si lelaki beruntung karena dianggap istimewa dan si perempuan punya perasaan khusus kepada si lelaki. Sedangkan tomo choco memang untuk teman dan keluarga saja.

Karena itu pula, di Jepang, sudah lazim bagi seorang perempuan untuk membeli 20 sampai 30 kotak berbagai jenis coklat untuk dibagi dikantor tempat dia bekerja, juga untuk teman dan keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar